Hebat! Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga Raih Peringkat 4 Nasional dalam Pelayanan Publik

Card Image

Purbalingga, 6 Januari 2025 – Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 659 Tahun 2024, hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan publik pada lingkungan pemerintah daerah menunjukkan bahwa Kabupaten Purbalingga menempati urutan ke-57 dengan Indeks Pelayanan Publik (IPP) sebesar 4,44. Meskipun secara keseluruhan berada di peringkat 57, Dinpendukcapil Purbalingga berhasil meraih prestasi gemilang dengan menempati urutan ke-4 secara nasional dan pertama di Provinsi Jawa Tengah.

Peringkat 10 Besar Berdasarkan IPP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Berikut adalah daftar 10 besar berdasarkan IPP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil:

No Daftar Kota IPP Disdukcapil IPP Kota
1 Kota Palembang 4,89 4,66
2 Kota Yogyakarta 4,83 4,53
3 Kabupaten Sampang 4,79 4,60
4 Kabupaten Purbalingga 4,78 4,44
5 Kota Administrasi Jakarta Pusat 4,76 4,66
6 Kabupaten Purworejo 4,75 4,33
7 Kota Kotamobagu 4,74 4,59
8 Kota Manado 4,74 4,46
9 Kota Semarang 4,74 4,43
10 Kabupaten Karawang 4,74 4,26

Purbalingga Memimpin di Jawa Tengah

Di tingkat Provinsi Jawa Tengah, berikut adalah daftar 10 besar berdasarkan IPP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil:

No Daftar Kota IPP Disdukcapil IPP Kota
1 Kabupaten Purbalingga 4,78 4,44
2 Kabupaten Purworejo 4,75 4,33
3 Kota Semarang 4,74 4,43
4 Kabupaten Temanggung 4,73 4,29
5 Kota Magelang 4,68 4,61
6 Kota Tegal 4,68 4,49
7 Kabupaten Cilacap 4,68 4,65
8 Kabupaten Wonogiri 4,68 4,58
9 Kabupaten Jepara 4,67 4,57
10 Kabupaten Kudus 4,63 4,61

Komitmen untuk Meningkatkan Kualitas Layanan

Drs. Muhammad Fathurrohman, M.Si, selaku Kepala Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga, menyampaikan rasa terima kasih kepada Ibu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas penghargaan ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati, Bapak Wakil Bupati, Ibu Sekda, serta seluruh unsur pimpinan yang telah memberikan dukungan.

"Penghargaan ini merupakan bukti pengakuan atas kerja keras dan dedikasi tim kami dalam mengelola pelayanan kependudukan dan catatan sipil. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam menyediakan layanan kepada masyarakat," ungkapnya.

Dengan pencapaian ini, Dinpendukcapil Purbalingga bertekad untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja demi pelayanan publik yang lebih baik.

Bagikan Artikel ini