Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan

1 / 3
Penandatangan Kerjasama dengan 5 OPD dan 1 RS Swasta
2 / 3
Penandatangan Kerjasama dengan 5 OPD dan 1 RS Swasta
3 / 3
Penandatangan Kerjasama dengan 5 OPD dan 1 RS Swasta
4 / 4
Penandatangan Kerjasama dengan 5 OPD dan 1 RS Swasta

Pada bulan maret Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga telah melaksanakan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 1 Rumah Sakit Swasta untuk pemanfaatan data kependudukan. Sebagaimana data kependudukan sangat bermanfaat untuk mendukung pembangunan nasional. Kini setelah penandatanganan kerjasama OPD sudah bisa mengakses atau memanfaatkan data kependudukan untuk prose pelayanan di masing-masing OPD dengan berbasik Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pelaksanaan Penandatanganan Kerjasama (PKS) ini tertuang atau mengacu pada Permendagri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan. Kerjasama ini berlaku 2 (Dua) tahun sejak penandatanganan itu berlangsung. Kemudian setelahnya akan di perbaharui jika kerjasamanya berakhir.

Penandatanganan Kerjasama (PKS) dilakukan di Ruang Rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DINPENDUKCAPIL), Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOSDALDUKKBP3A). Kemudian Dinas Kesehatan (DINKES), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR), Dinas Komunikasi dan Informatika (DINKOMINFO), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) seta Rumah Sakit At-Tin Husada Purbalingga.

Rumah Sakit At-Tin sendiri bekerja sama untuk pelayanan Jilu, yakni Siji olih Telu. Dokumen yang diajukan oleh Rumah Sakit yakni ketika Pasien melahirkan akan mendapatkan 3 dokumen sekaligus berupa Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran. Selain 3 dokumen tersebut Rumah Sakit juga melaksanakan pelayanan untuk Akta Kematian jika ada pasien yang meninggal.

Program ini sangat bermanfaat untuk pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat, tepat dan memuaskan. Semoga program ini terus berlangsung dan berkelanjuatan serta dapat diikuti oleh OPD yang lain.