Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga menerima kunjungan dari anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah pada hari Senin, 19 Oktober 2020.
Acara diawali dengan laporan dari Kepala Dinpendukcapil Purbalingga bahwa dalam rangka persiapan Pilkada 2020, Dinpendukcapil Purbalingga telah melakukan perekaman KTPel sebanyak 132.777 per 19 Oktober 2020. Kemudian ketersediaan blangko KTPel di Kabupaten Purbalingga adalah sebanyak 14.822 per Oktober 2020. Sebagai terobosan pelayanan untuk meningkatkan jumlah capaian perekaman, Dinpendukcapil Purbalingga telah melaksanakan program sosialisasi di desa dan dilanjutkan dengan program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan.
Acara kemudian dilanjutkan dengan Kadispermadesdukcapil yang mengingatkan tentang persiapan Pilkada 2020 dan menjelaskan bahwa provinsi juga memfasilitasi apabila terdapat kekurangan blangko KTPel. Sebagai tindak lanjut peningkatan kualitas pelayanan yang membahagiakan, Kadispermasdesdukcapil memberi gambaran atau contoh bahwa untuk dokumen yang sudah dicetak bisa diantar ke alamat warga yang bersangkutan dan bisa melakukan kerjasama melalui pos, gojek, grab, dan lain sebagainya. Kadispermasdesdukcapil juga menekankan agar Dinpendukcapil meminta dukungan kepada DPRD Provinsi untuk pengadaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di masing-masing kabupaten minimal 2 ADM.
Selanjutnya, Kadispermasdesdukcapil menerangkan agar Dinpendukcapil merubah layanan yang berbeda dengan era masa lampau menjadi lebih berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur sesuai dengan visi dan misi Dukcapil Go Digital. Disampaikan juga oleh Kepala Dinpendukcapil Purbalingga bahwa Dinpendukcapil Purbalingga sudah melaksanakan layanan online untuk seluruh proses administrasi kependudukan melalui website Dukcapil Optima Purbalingga dan juga terdapat alternatif pelayanan online lain melalui aplikasi WhatsApp.