Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga telah mengadakan Penandatanganan Kerjasama bersama dengan 3 objek wisata, terkait pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA). Penandatanganan Kerjasama tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 Juni 2022 di Graha Adhiguna komplek Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga. Perumda Owabong, PT. Lembah Asri Jaya Serang, dan Purbasari Pancuran Mas beserta jajaran terkait menghadiri acara tersebut.
Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan Kartu Identitas yang sah bagi anak. Di Purbalingga kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) sudah mencapai 46.3 % dari wajib KIA yakni sebanyak 270.238. KIA memiliki banyak sekali manfaat, selain sebagai tanda pengenal dan pengakuan sekaligus penjaminan hak anak, juga sebagai syarat pendaftaran sekolah, transaksi di perbankan dan mencegah terjadinya perdagangan anak dan lain sebagainya.
Terkait penandatanganan kerjasama ini Perumda Owabong (Owabong Waterpark, Sanggaluri Park dan Golaga) dengan program KIATA (Keluarga Indah Wisata ) memberikan discount tiket masuk sebesar 30% bagi pemilik Kartu Identitas Anak (KIA) beserta maksimal 4 (empat) orang pendampingnya yang berlaku khusus di hari weekend / akhir pekan ( sabtu, minggu dan tanggal merah). Tidak berlaku untuk rombongan dan digabungkan dengan promo lain serta pada high season (Periode Idul fitri, Natal dan Tahun Baru). Untuk Purbasari Pancuran Mas memberikan freepass kepada warga Kabupaten Purbalingga yang membuat KIA dan tidak dapat digunakan pada high season (Periode Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru). Sedangkan discount sebesar 50% diberikan oleh PT. Lembah Asri Jaya Serang pada wahana D’Las Dino Land sejak penandatangan kerjasama ini berlangsung.
Diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga mengembangkan kerjasama ini lebih luas lagi, sehingga minat masyarakat memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) akan lebih banyak. Kepada stake holder yang telah berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan pemerintahan dan terima kasih telah menyambut baik program kerjasama ini.
Melalui kerjasama ini semoga dapat meningkatkan dan mendongkrak bangkitnya pariwisata di Purbalingga yang utamanya adalah meningkatkan kunjungan kepada pihak pariwisata, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuat Kartu Identitas Anak (KIA). Dengan adanya freepass dan diskon diharapkan animo masyarakat akan meningkat sehingga terjadi kerjasama yang saling menguntungkan.