Pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di wilayah Kecamatan Karanganyar terkendala piranti computer yang rusak. Padahal permintaan pembuatan KTP/KK di Kecamatan Karanganyar merupakan salah satu pelayanan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

Operator KTP kecamatan Karanganyar Suwarto menuturkan, Terkait dengan adanya Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan pemasangan tower, di kecamatan Karanganyar belum dapat beropersi dan berdaya guna. Sedangkan tiga kecamatan yang sedang diujicoba SIAK adalah kecamatan Kaligondang, Kemangkon dan Bukateja.

Bila SIAK dapat segera diberlakukan akan mempermudah dan mempercepat pembuatan KTP/KK di kecamatan Karanganyar. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan adanya penambahan operator, peningkatan SDM, dan penambahan piranti computer. Padahal selama ini untuk operasional pembuatan KTP/KK di kecamatan Karanganyar hanya memiliki satu computer, dan saat ini sedang diperbaiki karena rusak.

Ditambahkan Suwarto, pihaknya berharap kepada warga masyarakat untuk ikut mensosilisasikan pembuatan KTP/KK nasional agar memiliki Nomer Induk Kependudukan (NIK). Pasalnya banyak warga perantau dari kecamatan Karanganyar belum memiliki NIK.

[email protected]