PURBALINGGA, INFO, Adanya pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) baik ditingkat kementrian, pemerintah daerah propinsi maupun kabupaten/kota, membuat pelayanan kependudukan meningkat tajam. Dari biasanya 100 orang perhari, minggu-minggu ini meningkat menjadi 500 orang perhari.

Data pelayanan kependudukan pada Kamis (27/9) terdapat pelayanan legalisir KTP, KK dan Akte Kelahiran sebanyak 160 orang, pembuatan KK sebanyak 161 KK dan Pembuatan KTP-El (perekaman) sebanyak 222 orang.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga, Imam Sudjono mengatakan pelayanan pencetakan KTP meningkat tajam dari biasanya ratusan buah sekarang mencapai 1.200 buah dalam sehari. Peningkatan tersebut salah satunya dikarenakan adanya persayarat KTP/KK atau Akte kelahiran untuk mendaftar CPNS.

“ Karena Blangko sudah mencukupi, bagi yang sekarang memegang surat keterangan (suket) KTP El, bisa langsung ke Dindukcapil untuk melakukan pencetakan KTP-El. Target 1 kali 24 jam, KTP el bisa dilakukan pencetakan, sehingga jika sekarang dilakukan perekaman, besoknya KTP El bisa diambil,” katanya saat memantau pelayanan di ruang pelayanan Dindukcapil.

Imam juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Purbalingga untuk segera melakukan perekaman bagi masyarakat yang pada tanggal 31 Desember 2018 sudah berumur 17 tahun. Jika pada tanggal tersebut tidak melakukan perekaman maka orang tersebut akan di kenakan sanksi yakni dikeluarkan dari data kependudukan secara Nasional.

Terkait dengan ketersediaan Blangko KTP El, Imam menjamin semua bisa terlayani, dikarenakan setiap hari Dindukcapil Purbalingga melaporkan stok KTP EL ke Dindukcapil Propinsi Jawa Tengah. Sehingga jika terjadi kekosongan, Dindukcapil Propinsi akan segera menambah persediaan blanko KTP El.

“ Dengan peralatan yang baru, besok hari Jum’at (27/9) kita juga melakukan uji coba pencetakan KTP El secara online melalui mobil keliling. Mobil keliling tersebut berkeliling jemput bola kedesa-desa sesuai jadwal sampai bulan Desember. Bulan ini masih di wilayah kecamatan Kalimanah,” katanya.